Sebagai pedagang pulsa kecil-kecilan seperti saya, tentunya hasil keuntungan dari penjualan pulsa itu nggak sebesar gaji seorang pegawai kantoran. Pedagang yang hanya mengandalkan orang datang lalu membeli apa saja, salah satunya kartu perdana. Setiap penjualan kartu perdana keuntungannya kecil, hanya 3ribu sampai 5ribu/ perdana. Lanjut, setelah kartu perdana diaktivasi masih ada tuh bekasnya, kalau saya nggak lantas membuang sampahnya tetapi saya kumpulkan dan disimpan baik-baik. Kalau kebanyakan orang-orang, kartu perdana bekas itu dijadikan pemanis untuk gantungan bersama kunci motor, digantung di tas ransel bagi yang sekolah, dan nggak sedikit juga dibuangnya dengan sembarangan tempat. Oh iya, bagi yang minat jualan pulsa, bisa daftar ke saya cukup dengan mengirimkan nomor ponsel. Gratis daftarnya hehe * iklan dikit :) *

Kartu perdana bekas yang telah saya simpan ternyata ada manfaatnya. Adalah kawan saya yang telah memanfaatkannya. Kawan saya ini namanya Baret (nama prokem) adalah juga yang bikin-bikin puisi yang sudah saya publish sebagian karyanya. (Puisinya ada disini). Saya perlihatkan kartu perdana bekas itu ke dia lalu dibawa pulang untuk dijadikan sesuatu. Kalau kata dia, lihat saja nanti jadinya seperti apa. Eh, beneran pas dia main ke toko saya dengan membawa kartu perdana bekas yang sudah berbentuk sebuah tatakan. Wah mancapp. Cukuplah bisa buat naro brosur-brosur provider, selebaran-selebaran, dan yang lainnya.

Tatakan yang terbuat dari bahan bekas kartu perdana tersebut, saya taruh diatas etalase. Tujuannya, selain buat menaruh brosur operator, juga untuk pamer-pamer kepada pengunjung yang datang hehe. Eh, beneran ada saja beberapa pengunjung yang memberi apresiasi. Ada juga yang bertanya, siapa yang bikin? ada yang bilang unik, ada juga yang ngomong menarik.

Seandainya, bahan bekas perdana itu mudah didapatkan, kawan saya tentu akan membuatkan lebih banyak lagi dengan model dan bentuk yang lain. Modelnya seperti apa? Entahlah, hanya kawan saya ngerti membuatnya, saya hanya mempromosikan saja hehe.

Sebenarnya ada nggak yah yang menjual kartu perdana bekas tersebut. Seperti orang yang menjual bekas minuman mineral gelas, dimana gelas plastiknya itu bisa dijual. Karena untuk mendapatkan bahan kartu perdana bekas sepertinya belum ada yang jual atau saya yang kurang tahu. Akhirnya untuk dapatkan bahannya, satu demi satu saya kumpulin dech kartu perdana-perdana bekas itu.

 

Tagged with:
 

39 Responses to Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Kartu Perdana

  1. ini namanya kreatif. hahaa. keren dah :D
    saya bilang ini unik. :D

  2. Azim says:

    kreatif bang,, gua punya banyak dirumah, hasil ngumpulin dari dulu mulai smp hhehe mau beli? wani piro wkwkw

    jadi pengen buat kayak gitu

    • aqomadin says:

      ciyussss…. miapah…..oh yg sering di cantelin di tas itu yah hehe
      di bikin dong bang, saya tunggu hasilnya seperti apa hehe

    • Azim says:

      dicantolin digantungan motor, tapi sayang dimarahi sama mbak gua, soalnya katanya gantungan kunci ecek2 hhehe

      semoga bisa cepet keluar kreasiku hhe *sok ngartis

    • aqomadin says:

      mbaknya berarti sayang tuh sm abang hehe…
      sipp…. jadi pengen tahu bentuknya kyk apa jadinya? :)

    • Azim says:

      sabar2, ada waktunya sendiri buat launching ahahaha :P

  3. Ely Meyer says:

    beruntungnya mas Baret punya kawan sptmu mas :)

  4. Kalau otak kreatif apa saja bisa jd seni ya Mas. Emang sayang kalau lempengan plastik itu dibuang begitu saja selain tentu mengotori lingkungan krn lama terurai nya. Untuk nambah pasokan bahan baku mungkin bs kerja sama dgn konter penjual pulsa lainnnya Mas

    • aqomadin says:

      “lempengen plastik” ya bahasanya, saya ampe mikirin apa yah sebutan buat bekas kartu perdana itu :).
      Saya sudah coba mbak evi, tp nihil… Saya juga udah tanya sales-sales provider yg mampir, jawabnya nggak jelas gitu hehe

  5. 9ethuk says:

    Jujur, guwe harus bilang briliant!

  6. ainulharits says:

    kalau di tangan yang tepat apapun bisa jadi duit…

  7. Wong Cilik says:

    temennya kreatif banget ya bang …

  8. Ilmu Kimia says:

    kreativitas tingkat tinggi.
    bagus, menarik.

    salam Ilmu Kimia

  9. Erick says:

    Krennn, klo bsa hasil karyanya di perbanyak jenisnya biar lebih kreatif hee..hee

  10. emy says:

    hebat bangeeeeeeettttttttttt (y) :) :D

  11. Lia says:

    kreatif dan bagus banget karyanya.

  12. erna says:

    saya punya kartu perdana bekas.saya mau jual tp gk tau kemana.

  13. Luthfi says:

    ide yang bagus,,akan saya coba kumpulin deh setiap beli kartu perdana,sebab selama ini selalu dibuang.thanks

  14. Rina says:

    kreatifitas itu tidak pernah ada matinya ya.. salut dengan teman anda yang bisa membuat kerajinan tangan dari kartu perdana tersebut

  15. Eh jadinya gitu kira kira membutuhkan berapa kartu mas

  16. Berapa mas kartu yang di butuhkan ?

  17. tycho says:

    Saya juga lagi punya proyek PKM dengan bahan limbah kartu perdana, sudah di danai DIKTI juga, tetapi saya dan kelompok sulit mengembangkan karena kendala tenaga pembuat. apakah anda berkenan untuk ikut membantu pembuatan produk PKM ini???

  18. jauh mas,ane kediri lagi pula ane masih skolah ?

  19. saka says:

    saya ada bekas plastik perdana bekas buanyak pak kira2 klo ditimbang ada 1 ton pak barangkali minat dari pada diloakin mending dijadikan sesuatu yang berguna saya disurabaya pak dibeli per kg juga gpp minat call me 082142878885

  20. dzta says:

    baru x ini liat contohnya. susah juga bikin krasi dari perdana . brovo mas

  21. rusli says:

    aye punya setengah karung bang. Kalo minat hub 085777778272

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

About The Author

aqomadin

selesai dibaca dibagi dikomen juga boleh... silakaaan :) Maaf, komen yang menyertakan link terpaksa akan dihapus